Minggu, 19 Agustus 2007

Sate¨Padang

Sayang gue enggak bisa bikin yang pedes banget
karena my papa alias suami gue enggak doyan pedes ...
tapi enggak apa - apa sih jadi ada yang nemenin makan dan
ternyata my papa suka banget booo...
gue ambil nih resep dari Ikaray's kitchen

bahan :
- 500 gr daging sapi has dalam
- 3 lbr daun jeruk sobek pinggirnya
- 1 lembar daun kunyit ( gue enggak pake karena disini enggak ada yang jual)
- 3 cm lengkuas dimemarkan (gue pake yang bubuk)
- 3 cm jahe dimemarkan (gue pake yang bubuk)
- 1 batang serai dimemarkan
- gula pasir
- tepung beras untuk pengental kuah sate
- lada

Bumbu yang dihaluskan :
- 8 bh bawang merah
- 4 bh bawang putih (kalau gue kasih lebih karena demen bawang putih )
- 3 cm kunyit (gue pake bubuk)
- 1 sdm munjung ketumbar
- 1/2 sendok teh jinten
- garam secukupnya

cara membuat:
- tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum masukkan daging kasih air secukupnya
- masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, gula pasir dan jahe dan lada, lalu rebus sampe daging empuk
- angkat daging , simpan kuah daging untuk kuah sate , lalu potong daging kecil kecil tusukan kedalam tusukan sate lalu bakar sebentar
- untuk kuah masak kembali kuah daging tersebut masukkan tepung beras sampai kental kalau kurang pedas tambahin merica yang banyak dan sambil dicicipi kalau kurang garem tambahin lagi kalau kurang daging.... jgn nanya ama gue yah ... he he he he
- hidangkan dengan lontong ...; kalau enggak bisa bikin lontong bisa diganti dengan nasi
- siram sate dengan kuah dan taburi dengan bawang goreng
-makan selagi panas

Tidak ada komentar: