Sabtu, 18 Agustus 2007

DORADE MASAK KUNING

Bahasa perancisnya ini ikan namanya Dorade
di inggrisin jadi Seabream
kalau di indonesiain gue enggak tau apa namanya udah ngecek di kamus tapi enggak ketemu... ...resep aslinya yang gue ambil dari http://gastronomilovers.multiply.com buatan mbak Inne ini menggunakan ikan Makareel berhubung yg gue beli kemarin itu ikan dorade dan enggak tau mau diapain akhirnya liat resepnya jadi pengen nyoba pake ikan dorade dan cara membuatnya disesuaikan dgn kemampuan gue hehehehe

bahan :
- 1 ikan dorade ukuran sedang boleh dipotong potong atau masak utuh rendam selama 30 menit dengan asam jawa, 1/2 buah peresan jeruk lemon,garam dan lada

bumbu yang di haluskan :
- 4 buah bawang merah
- 5 buah bawang putih
- 1 sdt kunyit
- 2 buah cabe merah (kalau pingin pedes silahkan tambahin sendiri)
- garam secukupnya
- sedikit gula boleh pakai atau tidak
- sasa secukupnya

bahan pelengkap:
- 1 btg sereh di gebrek
- 2 lbr daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 1 buah tomat di iris
- 1 batang daun bawang di iris serong
- perasan air lemon sesuai selera

cara membuat :
- goreng ikan hingga matang atau 1/2 matang (resep asli tidak digoreng terlebih dahulu) agar ikan tidak hancur lalu sisihkan
- tumis bahan halus dgn sedikit minyak setelah harum kasih sasa,, masukkan sedikit air kira kira 1/2 gelas air masukan daun jeruk , daun salam, sereh , masukkan tomat , dan jeruk lemon sesuai selera cobain udah pas atau belum bumbunya kalau gue suka agak asam manis- masukkan ikan yang di goreng tadi , masukkan daun bawang aduk hingga bumbu teraduk rata dan meresap
- siap disantap dengan nasi putih panas nyam nyam booooooooooo

1 komentar:

Anonim mengatakan...

halo...salam kenal. Nama saya Grace... minta resepnya ya Mbak.. fotonya menggiurkan sekali..... trims.