Minggu, 19 Agustus 2007

LeMpEr AyAm


ini hasil contekan dari buku kudapan traditional majalah Novadan hasilnya emang enak loh

bahan ;
- 500 gr ketan rendam selama 3 jam
- 180 cc santan dari 1/2 kelapa (kalau gue pake 500 ml santan karena disini santan tuh pake ml dan gue enggak tau kalau diartiin ke cc)
- 3 lbr daun jeruk
- daun pisang

isi:
- 5 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 iris kencur
- 1 sdt ketumbar
- 1 tangkai serai yg sudah di memarkan
- 2 lembar daun jeruk
- 150 gr ayam rebus lalu iris ( kalau gue gue blender biar cepet he he he )
- 50 cc santan
- garam dan gula pasir secukupnya

cara membuat :
- masak santan, garam dan daun jeruk setelah mendidih masukkan ketan yang sudah direndam aduk sampai meresap lalu kukus hingga matang ( kalau gue setelah santan mendidih gue masukkan ke rice cooker bersama ketannya dan gue diemin sampe matang)
- haluskan bawang merah, bawang putih , ketumbar dan kencur
- panaskan minyak lalu tumis hingga harum masukkan daun jeruk dan sereh
- lalu masukkan ayam
- masukkan santan
- beri garam dan gula secukupnya lalau masak sampai kering
- letakkan 2 sendok ketan ke dalam plastik pipihkan lalu taruh isi dan rapatkan dan bentuk lalu pindahkan ke daun pisang gulung dan smatkan dengan lidi


Dapat langsung di makan atau dibakar tapi gue lebih memilih dibakar di oven lebih enak
dan wangi daun pisang

Tidak ada komentar: