Rabu, 03 Oktober 2007

Tape ULi



Ini pertama kalinya gue bikin tape uli sengaja bikinnya cuman setengah adonan takut gagal. Kebetulan sepupu gue ngirimin gue ragi tape yang mestinya gue pengen ragi tempeh kirain sama ternayata beda hehehe ya udah deh gue bikin nih tape tapi yang warna hijau karna ketan item lagi langka nih di marseille cuman keijoan nih kebanyakan pewarna enggak apa - apa deh yah jadi kelihatan ngejreng biar tambah semangat makannya nanti pas buka.

RESEP TAPE:
- 250 gr beras ketan
- 1/2 liter air
- 1 sdm pasta pandan ( ternyata keijoan kalau enggak mau ngejreng dikurangin aja )
- 200ml air panas
- 1 1/2 ragi tape bulat
- 2 sdm gula kastor ( sesuai selera mau manis atau enggak )
cara membuat :
- cuci beras ketan hingga bersih , rendam dalam 1/2 liter air dan beri pasta pandan selama semalam , tiriskan lalu kukus sebentar (kira kira 10 menit)
- lalu siram - siram air panas kedalam ketan kukus yang masih panas aduk rata, kukus kembali hingga 15 menit ( jgn kematangan ) angkat dan dinginkan hingga benar - benar dingin.
- haluskan ragi tempe
- susun ketan didalam tempat yang ketutup ( gue pake tempat makan) , beri ragi dan gula lalu susun lagi ketan lalu beri lagi ragi dan gula hingga ketan habis ; tutup rapat dan diamkan selama 3 hari .
- setelah 3 hari dinginkan

RESEP ULI :
- ketan putih ( terserah banyak nya)
- santan kelapa (banyaknya seperti kita akan mengaroni nasi )
- kelapa parut yang dikukus secukupnya
- daun pisang untuk membungkus
cara membuat:
- rebus ketan putih dengan santan dan beri sedikit garam hingga aron ( tapi jgn sampe gosong ) waktu memasak aduk terus karena ketan cepat sekali menyerap santan;
- lalu kukus ketan hingga matang angkat lalu campurkan kelapa parut yang sudah dikukus
- lalu tumbuk ketan hingga halus
- bungkus dengan daun pisang dinginkan baru siap dipotong sediakan tape dengan uli
nara sumber : NCC INDONESIA

Tidak ada komentar: