Rabu, 17 Oktober 2007

AYAM GORENG MENTEGA


Enak bener deh maem dengan nasi panas dan lauknya ayam goreng mentega .. suami juga makannya nambah .. gue liat resep ini dari resepnya mbak herti ... bener - bener enak next time mau nyoba lagi satu persatu resep dari mbak herti ini .. gue bikinnya sih enggak pake takaran biasa asal cemplung sesuai selera

bahan :
- 8 potong sayap ayam
- garam dan lada
- 1 buah jeruk lemon untuk bahan rendaman
- 1 buah bawang bombay dipotong kasar ( 100 gr bawang bombay)
- 4 butir bawang putih di geprek lalu dicincang halus
- 2 cm jahe geprek cincang kasar ( gue pake jahe bubuk 1sdt )
- 1 btg daun bawang di iris kasar
- saus tiram secukupnya
- kecap asin secukupnya
- 3 sdm kecap manis ( sesuai selera)
- 3 sdm mentega ( gue lebihin dikit)
- perasan jeruk limo ( gue pake 1/2 buah jerk lemon ) untuk sentuhan terakhir


cara membuat :
- rendam ayam dengan 1 buah perasan jeruk lemon , garam dan lada diamkan hingga meresap kira - kira 1/2 jam
- lau goreng hingga matang sisihkan
- siapkan penggorengan yang sudah diberi 2 sendok makan minya bekas menggoreng ayam dan mentega
- tumis bawang putih dan jahe hingga harum
- beri saus tiram, kecap asin dan kecap manis aduk hingga rata
- lalu masukkan ayam aduk rata lalu masukkan bawang bombay masak hingga layu dan ayam meresap
- setelah itu baru masukkan daun bawang
- sebelum diangkat beri perasan jeruk lemon aduk sebentar lalu angkat
- makan selagi panas

nara sumber : Herti Kitchen Gallery

Tidak ada komentar: