Jumat, 07 Desember 2007

KERING TEMPE


Ini salah satu favorite gue akan masakan nyokap ... browsing di internet eh dapet tapi gue tambahin kecap manis karena di resep ini hasilnya kurang kental dan gue kepengen banget seperti yang nyokap bikin kental dan lengket dan gue engga tambahin ikan teri atau kacang cuup dengan tempe tok. dan untuk bahan yang dihaluskan gue iris tipis - tipis gue masak sesuai dengan selera gue

bahan :
- 600 gr tempe iris kcil - kecil lalu goreng garing sisihkan
- 1/2 sdt lengkuas bubuk atau sesuai selera
- 4 buah cabe meah atau sesuai selera iris tipis - tipis
- 3 lbr daun jeruk
- 2 sdm gula jawa merah atau sesai selera
- 1 sdm air asam jawa
- kecap kental manis sesuai selera
- garam secukupnya
- 6 buah bawang merah diiris tipis
- 4 buah bawang putih cincang halus

cara membuat:
- tumis bawang merah dan putih, dan jeruk dan lengkuas hingga harum
- lalu masukkan air asam gula merah dan garam serta kecap manis
- aduk masak hingga matang dan agk mengental
- masukkan tempe beserta cabe merah iris aduk hingga rata dan kekentalan tempe bener bener lengket dan rasanya pun mantaf .

Tidak ada komentar: