Jumat, 28 November 2008

Pepes tahu a la mamaku

Kemaren telfon kerumah cuman nanya sama mama gimana cara bikin tahu pepes hehehehe sebenernya gue udah sering bikin tahu pepes tapi enggak pernah sreg dengan rasa .; kalau mau nanya mama masih gengsi karena orang rumah enggak ada yang percaya kalau sekarang gue suka masak heheheheh .. dulu mah boro - boro disuruh masak nasi aja gosong melulu .. suruh bantuin si mama untuk pesenannya yang sebareg - abreg juga males banget ;; tapi dari dulu gue tuh suka banget sama yang namanya ngumpulin resep .. sempet disindir sama kakak gue lo ngapain ngumpulin resep kalau enggak pernah di praktekin .; gue bilang liat aja nanti ..

Sekarang udah nikah dan dinegara orang pula .. keinginan masak semakin besar ... makasih banget deh buat mbak Ayu temen gue sewaktu di abu dhabi yang bikin gue ingin bisa masak .. dulu dia tuh kasian banget sama gue yang enggak bisa masak .. walhasil kalau makan jadi suka nebeng sama doi walaupun jarak apartemen gue dengan doi jauh tetep aja dilakonin demi masakan nya yang super duper nikmeh ... dari situ pelan - pelan mulai deh ada kemauan buat masak sendiri .. kadang suka masak bareng sama temen - temen gue yang chef .. kebanyakan sih gue cuman liatin aja plus makan tentunya sempet berantem sama temen gue yang cowok karena waktu itu di hotel tempat kerja gue cewek Indonesia hanya gue satu - satunya jadi yah dimanjain lah tapi nih cowok protes abis karena gue males nya minta ampun .. sempet absen enggak ngumpul - ngumpul bareng lagi karena tersinggung hhihihihi .. yah kalau mengenang masa lalu kadang lucu juga sih kalau diinget - inget ...
Udah ah sekarang mendingan ngomongin pepes tahu .


bahannya :
- 2 kotak tahu putih hancurkan hingga halus
- 4 butir bawang putih haluskan bersama cabe merah
- 2 butir bawang merah iris halus
- cabe merah sesuai selera
- 2 buah cabe hijau besar iris serong
- 2 batang daun bawang iris halus
- garam sesuai selera
- daun pisang untuk membungkus
- jekrekan atau streples untuk ngejeprek daun pisang

cara membuat :
- campur semua bahan aduk hingga rata kecuali daun pisang dan jegrekan tentunya loh ..
- panaskan dandang
- bungkus tahu ke dalam daun pisang (ternyata sulit banget loh ngebungkus itu kata mama ngebungkus kayak tukang gado - gado tuh ... lah eke kan bukan tukang gado - gado enggak ahli lah dalam membungkus )
- masukkan tahu yang sudah dibungkus ke dalam dandang .. masak hingga matang
- setelah matang pepes tahu bisa dihidangkann begitu saja atau bisa juga di bakar ..
nara sumber : mama ku tercinta ..

Tidak ada komentar: