Senin, 14 November 2011

tumis cumi hitam yg tidak terlalu hitam

seneng banget dapet cumi yang ada tintanya , jarang - jarang disini ada yg seperti itu biasanya sama penjual dibuang tintanya , tapi kalau dibandingin sama cumi kecil dan banyak tintanya lebih gurih dariapada cumi besar - besar kayak gini , anak gue sampe nambah berkali - kali saking nikmatnya

bahan ;
- cumi yg ada tintanya sekitar setengah kilo
- 2 butir bawang putih (iris halus )
- 4 butir bawang merah (iris halus )
- sedikit kunyit ( gue pake bubuk )
- garam dan gula sesuai selera
- asam jawa sesuai selera
- air kaldu
- jeruk lemon

cara membuat :
- rendam cumi dengan jeruk lemon beberapa saat
- tumis bawang merah , bawang putih dan kunyit hingga harum
- masukkan cumi kedalam bahan tumisan , tumis beberapa saat
- beri garam , gula , air kaldu ( jgn terlalu banyak asal cumi terendam ) dan asam jawa
- tutup penggorengan , sambil sesekali di aduk
- cicipi sesuai selera asam manis yg enaknya sih
- masak cumi hingga airnya menyerap dan cumi matang tidak keras
- hidangkan dengan nasi panas
- nyammm

7 komentar:

Mila Said mengatakan...

aku juga paling suka cumi yang ada tinta nya gini, biasanya aku campur2 sama nasi jd item nasi nya, sampe ke gigi-gigi juga jadi pada item. tapi enaaaak hahahaa...

oia, salam kenal ya...

amel mengatakan...

hehehee , bisa nambah berkali - kali , salam kenal kembali mbak mila

maris mengatakan...

wah,keliatannya enak banget :)oiya,berapa lama masak cuminya supaya ga keras?

amel mengatakan...

salam kenal pak maris , kira - kira 30 menitan lebih , tapi beda kompor kayaknya ada pengaruhnya juga mungkin kalau yg pake kompor gas bisa lebih cepat matangnya

manis mengatakan...

wahh kalo masak cumi2 aku
suka banget mbak.

scotty mengatakan...

klo ga masuk kategori yg kostrol tinggi, aku sebenernya hobi makan cumi, cuman krn takut kostrol, jadinya harus mengurangi makanan ini

Chantal mengatakan...

Nice recipe thanks
Chantal
http://www.macuisineetvous.com