Sabtu, 02 Februari 2008

COTTO MAKASAR

Udah lama sebenernya pengen nyobain nih makanan cuman enggak punya tauco , baru bulan kemaren mesen lewat internet langsung deh pengen nyoba . Sebenernya masih bingung udah bener atau belum rasanya gue enggak tau karena belum pernah nyobain sama sekali cotto makasar yang asli .
Liat - liat disini http://www.pbase.com/archiaston/image/66058928 ngilerin banget deh, nyoba deh tuh kalau menurut gue sih rasanya enak walaupun ini pertama kalinya gue bikin dan makan cotto ini . Cuman kalau gue bandingin antara bikinan gue dengan resep yang gue lihat ini beda jauh banget punya gue enggak sebening masakan mbak herti mungkin karena kacang tanah yang gue pake lebih banyak tapi rasa tetap mantap .

bahan :
- 1 kg daging dipotong - potong kotak (menurut sumbernya mestinya pake jeroan juga)
- 3 btg serai geprek
- 2 cm lengkuas (gue pake yang bubuk ) geprek
- 2 ltr air untuk merebus

Bumbu halus:
- 1/2 sdm ketumbar (bubuk gue pake yang fresh)
- 1/2 sdt jintan bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk
- 7 bawang merah
- 4 bawang putih
- garam dan gula pasir secukupnya
- 1 -2 sdm tauco (gue pake sambal tauco )
- 3-4 sdm kacang tanah sangrai mamu di haluskan

Pelengkap:
- Bawang daun iris
- Seledri iris (gue enggak pake enggak suka
- Bawang goreng
- Jeruk nipis iris
- Sambal cabe rawit (gue enggak pake ) karena gue taruh tauco nya yang rasa pedes

Cara membuat:
- Rebus daging bersama 1 sdt garam hingga cukup empuk
- Angkat daging potong dadu sisihkan
- Tumis bumbu halus bersama serai dan lengkuas hingga harum
- Masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu
- Tambahkan potongan daging
- Beri garam dan gula pasir
- Masukkan tauco dan kacang tanah
- Didihkan dengan api kecil hingga bumbu benar - benar menyerap
- Sajikan hangat bersama nasi dan pelengkap lainnya

note : gue bikin hanya setengah resep karena yang makan cuman gue dan suami , dan menurut nara sumber biasanya makanan ini dimakan dengan buras

Tidak ada komentar: