Minggu, 17 Februari 2008

Ayam Panggang Bumbu Rujak

Warna ayamnya beda dengan resep asli nih karna gue lupa masukin kunyit hehehehe tapi soal rasa teteup enak kok . Apalagi kalau make bumbunya yang banyak buat cocolan sama nasi panas bukan enak lagi jadi keenakan nambah terus hehehehe. Seperti biasa gue bikin nih ayam hanya untuk gue seorang tapi resep tetap gue cantumin dari resep aslinya yang gue ambil dari sini http://www.pbase.com/archiaston/image/60953630

Ingredients:
- 1 ekor ayam potong
- potong
- 2 lembar daun salam
- 1 cm lengkuas, geprek (gue pake yang bubuk)
- 5 lembar daun jeruk ( iris)
- 2 batang serai di geprek (gue pake yang bubuk)
- 400-500 ml santan kental

Bumbu halus:
- 100 gr cabe merah (sesuai selera)
- 10 bawang merah
- 4 bawang putih
- 6 kemiri
- 2 cm jahe (gue pake yang bubuk)
- 2 cm kunyit (gue enggak pake kelupaan)
- 1/2 sdt terasi matang
- 1 1/2 sdt garam
- 2 sdt gula merah
- 1 sdt asam jawa, larutkan dengan air

Directions:
- Rendam ayam dalam air jeruk beberapa saat.
- Cuci kembali ayam, tiriskan.
- Tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, serai dan daun jeruk hingga harum.
- Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
- masukkan santan kedalamnya.
- Didihkan sambil sesekali diaduk agar tidak pecah.
- Masak dengan api sedang sampai santan mengental dan berminyak.
- Panggang ayam hingga matang sambil diolesi bumbunya - sisa bumbu jangan dibuang tapi bisa buat cocolan atau dicampur dengan nasi

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalo masak ayam gini pasti diserbu sampe ludes di tempat gw... heraaaan, heran, padahal lumayan sering gitu loh masaknya. Tapi teteup aja

amel mengatakan...

hehehehe masakan lo enak - enak sih Dhi ... gue pun kalau tetanggan sama elo pasti deh mampir ke tempat lo terus hehehe