Rabu, 16 Januari 2008

BOLU KUKUS


Ceritanya dapet oleh - oleh cetakan bolu kukus nih dari Tami waktu doi pulkam ke Indonesia sekeluarga . Hatiku berkata harus mencoba secepatnya tapi apa daya belum ada waktu dan masih nyari - nyari resep yang enggak mengunakan emulsifer karna disini gue cari udah ngubek supermarket tanya sana sini enggak ada yang tau . Nge brosing lagi ke om gogle akhirnya nemu resep yang tanpa emulsifer dari majalah nova pertama kali bikin gagal .. rasa udah pas bentuk nya kurang dan dalamnya kurang mateng... disitu kan ditulis katanya enggak boleh dibuka - buka tutup dandang tapi nih tangan gatel banget pengen buka soalnya mana tau kalau tuh bolu udah mateng atau belum kalau enggak dibuka dan kemampuan kompor kan beda - beda yang akhirnya yah itu dia gatot.

Tapi gue pantang mundur nyoba lagi nih tadi tekad gue udah bulat pengen menaklukan nih kue masih dengan resep yang sama cuman kali ini gue tutup kukusan gue dengan serbet seperti yang gue baca ditempat - tempat lain yang hasilnya not bad lah buat pemula seperti gue ini rasa,dan bagian dalamnya seperti bolu kukus yang semestinya bentuk masih belum indah banget nih tapi puassssssss banget deh .

Ingredients:
- 5 kuning telur
- 1 putih telur
- 250 gr gula halus
- 250 gr tepung terigu
- 125 ml air soda (gue pake sprite)
- coklat powder atau pewarna kue lainnya
Directions:
1. Kocok telur dan gula halus sampai mengembang dan kental
2. Masukkan tepung terigu bergantian dengan air soda. Aduk sampai rata.
3. Ambil mangkuk kecil bagi adonan untuk dikasih coklat bubuk atau warna lainnya
4. lapisi cetakan bolu kukus dengan kertas roti
5. lalu isi cetakan dengan adonan
6. lalu taruh ke dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga airnya mendidih 7. tutup dandang dengan serbet (jangan topo bekas ngelap terasi yah ntar baunya laen lagi hehehehe)
8. kukus selama 15 menit kalau gue 20 menit


note : kalau enggak punya cetakan bolu kukus majalah nova punya ide yang oke banget mereka menggunakan kulit telur sebagai cetakan bolu kukus yang hasilnya bisa diliat disini beserta resep asli http://www.tabloidnova.com/articles.asp?id=6441

2 komentar:

sparklingcosmic mengatakan...

mel gue mau reposting resep bolkus elo, yang dulu pernah gue coba juga, tp gue lupa deh, itu tutupnya beneran serbet doang atau pake tutup kukusan tyang dilapisin serbet sih? gue bingung nih?

amel mengatakan...

waktu itu gue cuman gue tutup werbet doang , tapi tuh tutup panci lu tutup pake serbet juga enggak masalah