Jumat, 23 November 2007

sus ayam keju

Enak banget loh ternyata makanan yang satu ini ...cuman yah itu cepet kenyang sepotong aja udah cukup diresep aslinya ditulis kalau ini untuk sarapan atau snack sore tapi gue bikin buat makan siang gue weudeh kenyang boooo ... gue bikinnya hanya setengah dari resep karena yang makan juga cuman gue dan suami tapi yang gue taruh sini adalah full resep . Suami sampe nambah berkali - kali saking enaknya kalau gue makannya biasa deh cocol pake saos sambal ABC .

Bahan sus:
- 500 ml air
- 150 gr margarine
- 1/2 sdt garam
- 200 gr terigu
- 8 kuning telur

Bahan isi:
- 2 sdm margarine, untuk menumis
- 100 gr bawang bombay
- 350 gr daging ayam, rebus, potong dadu kecil
- 1/2 sdt merica
- 1/4 sdt pala
- 1/4 sdt garam
- 1 btr telur
- 2 ptg roti tawar
- 50 ml susu cair
- 100 gr keju parut

Cara membuat:

Sus:
- Rebus air, garam dan margarine hingga mendidih.
- Tambahkan tepung terigu sambil diaduk hingga matang.
- Angkat dari atas api.
- Masukkan kuning telur, aduk (kocok) hingga tercampur rata.

Isi:
- Rendam roti tawar dengan susu cair, kemudian haluskan. Sisihkan.
- Tumis bawang bombay hingga harum.
- Masukkan daging ayam rebus.
- Tambahkan merica, pala dan garam.
- Biarkan dingin.
- Campur telur dan roti tawar yg telah dihaluskan.
- Kemudian masukkan ke dalam tumisan ayam, aduk rata.

Penyelesaian:
- Olesi pyrex dengan mentega.
- Masukkan 2/3 bag. adonan sus kedalamnya, ratakan.
- Tutup atasnya dengan adonan isi, ratakan.
- Taburi keju parut.
- Masukkan 1/3 bag adonan sus ke dalam plastik segitiga.
- Kemudian buat pola anyaman untuk bag. atasnya. ( kalau gue enggak pake bentuk - bentukan rata aja kurang terampil tangan gue )
- Bakar 30-45 menit dalam oven dgn suhu 200 C. (kalau gue dengan suhu 220° dengan api bagian bawah terus pas udah matang baru nyalain api atas karena gue pake oven kecil biar warna kejunya kecoklatan)
- hidangkan selagi panas bisa disantap dengan salad juga enak loh

nara sumber :
- herti kitchen http://www.pbase.com/archiaston/image/64883178 mbak herti ini resepnya semuanya top punya loh

Tidak ada komentar: