Kamis, 05 Maret 2009

Asinan Bangkuang , kedondong dan mangga

Udah lama banget kepengen nih .. makasih banget buat jackie yang ngirimin gue bangkuang made in paris dan minggu kemaren pula pagi - pagi Tami telfon ke gue kalau di pasar ada kedondong langsung cabut mengejar impian ... Pernah beli asinan bangkuang lewat internet tapi rasanya kayak obat .; sekarang udah tercapai nih nikmeh .. resep dari nyokap gue tersayang asli ma mantaf .

Bahan :
- 2 buah bangkuang
- 1 buah mangga enggak terlalu besar ukurannya
- 7 buah kedondong
bahan bumbu (sesuai selera):
- 15 butir cabe merah
- 2 butir cabe rawit
- 2sdt ebi
- 1 sdt terasi
- sedikit garam
- gula pasir sesuai selera kalau gue suka asam manis jadi gue banyakin gulanya - cuka sesuai selera
- air dingin
cara membuat :
- rebus cabe dan ebi dinginkan terus blender bersama terasi garam dan gula
- lalu campur dengan air dingin dan cuka sambil dicicipi hingga rasanya pas
- baru deh campur dengan buah yang udah dipotong - potong
nara sumber : mama ku tersayang

3 komentar:

sparklingcosmic mengatakan...

ya olloh melani..cabe banyak amat..kadang gue 6 aja udah gak bisa makannya..hehehe....

aernya berapa liter jadinya nih? trus elo pake cukanya berapa sendok kira2? mau coba gue mel..dah beli mangga lagi tuh gue..

amel mengatakan...

ini menurut selera gue yah jack .. main cemplung aja ,gue enggak make takeran dalam soal air seinget gue sih lebih dari setengah botol air minum di kulkas hehehehe dan cuka gue sampe asemnya pas dengan lidah gue , langsung gue guyur ke dalam sauce kayaknya sih lebih dari 4sdm deh abis disini cukanya kurang asem jack.

shelin journeys mengatakan...

hemmm ngiler deh jadinya mel...:)
pengen bikin tapi makan sendirian gak asik...:(