Minggu, 24 Mei 2009

Tumis Cumi Kering

Resepnya liat di tempatnya dewi madu http://smaragd.multiply.com/ , dimakan dengan nasi putih hangat saj udah enak banget deh

bahan ;
- 1 kilo cumi ( kalau gue kurang dari segitu secara gue doang yg makan neh )
- 1/2 siung bawang bombay , dipotong -potong kasar
- 3 buah cabe rawit gue pake cabe merahnya thai
- 1 batang daun bawang ( kalau gue lebih suka enggak pake )
- terasi sesuai selera
- air kental asam jawa ( keasamannya sesuai selera)
- sedikit garam
- gula jawa ( gue enggak punya pake gula palem )sesusai selera
- kecap manis secukupnya
- minyak goren untuk menumis secukupnya
- 1 buah jeruk lemon
- 2 siung bawang putih geprek lalu cincang halus



cara membuat :
- cuci bersih cumi , jgn dibuang tintanya agar lebih hitam , buang tulang cumi , lalu kucurkan perasan air jeruk lemon diamkan selama 30 menit lalu kukus hingga matang
- tumis bawang bombay dan putih hingga harum
- masukkan cabe dan cumi yg sudah dikukus tadi
- kasih garam , gula , dan air asam jawa , sambil dicicipi kira - kira keasamannya udah pas atau belum aduk hingga bumbu tercampur rata tambahkan sesekali tumisan cumi dengan minyak sayur hingga cumi kering dan bumbunya menempel
- lalu beri kecap manis dan irisan bawang daun bila suka aduk hingga rata dan kering
- hidangkan dengan nasi putih hangat

Tidak ada komentar: